Ticker

6/recent/ticker-posts

komponen dasar e commerce










Electronic commerce, lebih dikenal dengan nama e-commerce atau eCommerce, terdiri dari pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sistem elektronik seperti Internet dan jaringan komputer lainnya. Jumlah perdagangan yang terjadi secara elektronik telah berkembang sangat pesat seiring dengan semakin umumnya penggunaan Internet. Penggunaan metode ini dilakukan dengan cara sebagai berikut, mengenalkan daya tarik tentang inovasi transfer uang secara elektronik, managemen rantai persediaan, Internet marketing, proses transaksi online, pertukaran data elektronik, sistem managemen gudang, dan sistem pengumpulan data otomatis. Perdagangan elektronik modern menggunakan World Wide Web untuk bertransaksi, walaupun penggunaan e-mail tidak jarang juga digunakan.

Sebagian besar eCommerce dilakukan sepenuhnya secara elektronik dengan barang virtual seperti akses konten premium pada sebuah website, tapi kebanyakan eCommerce masih meliputi transportasi barang fisik. Hampir semua pengecer besar memiliki eCommerce dalam bentuk World Wide Web.

eCommerce yang dilakukan di antara satu bisnis dengan bisnis lainnya, disebut sebagai business-to-business atau B2B. Sedangkan eCommerce yang dilakukan di antara bisnis dengan konsumen, disebut sebagai business-to-consumer atau B2C.


Dengan semakin berkembangnya teknologi Web dan banyaknya perusahaan Portal atau perusahaan e-commerce yang secara tiba-tiba meledak bernilai jutaaan dolar, hal ini banyak mendorong munculnya evoria untuk turut membuka bisnis e-commerce. Namun demikian banyak yang melupakan beberapa Basis dan Prinsip dasar dari e-commerce itu sendiri. Sehingga banyak yang mengalami kegagalan.

Lalu munculnya pertanyaan besar, gimana caranya mulai berbisnis e-commerce ..?

Nah disini saya mencoba sharing bagaimana memulai sebuah bisnis e-commerce itu, yaitu :

1. Pahami dengan betul 3 Basis e-commerce (slide 20) yaitu ; community, platform serta content

2. Pahami prisip bisnis portal yaitu ; Exposure, Discovery, Community baru terwujud Commerce a.k.a Revenue

3. Pastikan dan tetapkan obejctive anda, apakah akan membuat Toko Elektronik ataukah membuat sebuah Mall Elektronik a.k.a Market Place

4. Tentukan Model Bisnis anda berdasarkan “Nature” dari komunitas yang akan anda bangun atau sudah dimiliki.

5. Jika sudah memiliki komunitas dari sebuah aplikasi lain, misalnya e-procurement lakukan langkah-langkah berikut ini untuk lebih menemu kenali komunitas anda , yaitu : data cleaning&updating, profiling, Cataloging, set value chain path dan interconect them base on their value chain path.

6. Bangunlah e-commerce anda dengan berbasiskan Web2.0 teknologi dan pilihlah teknologi secara bertahap sesuai dengan Objective, model business, dan komunitas dari e-commerce anda.

7. lakukan pengembangan secara bertahap,konsisten dan trustworthy.

Posting Komentar

0 Komentar